Sistem Pakar

DEFINISI SISTEM PAKAR

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu kesimpulan

TUJUAN SISTEM PAKAR
Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar ke dalam komputer dan kemudian kepada orang lain (nonexpert). Aktivitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran adalah :
1. Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya)
2. Knowledge Representation (ke dalam komputer)
3. Knowledge Inferencing
4. Knowledge Transfering
MANFAAT SISTEM PAKAR
Keuntungan Expert System untuk manajer.
1. Menyajikan lebih banyak  alternatif.
2. Menerapkan logika  tingkat tinggi
3. Menyediakan  waktu banyak untuk  evaluasi hasil keputusan. 4. Memberikan solusi  yang lebih konsisten
5. Membuat seorang awam bekerja seperti layaknya seorang pakar.
6. Menyederhanakan pekerjaan dan meningkatnya efisiensi kerja.
7. Meningkatnya kualitas pekerjaan.
8. Meningkatnya produktifitas sehingga meningkat pula performance perusahaan
9. Merupakan arsip yang terpercaya sehingga seolah-olah langsung konsultasi   dengan pakar (meskipun sang pakar telah tiada)
10. Memperluas jangkauan.
Keuntungan  Expert  System  untuk perusahaan.
1. Meningkatkan  performance perusahaan.
2. Memelihara pengendalian terhadap knowledge perusahaan.

PENERAPAN SISTEM PAKAR DALAM BIDANG : INDUSTRI,PENDIDIKAN DAN BISNIS
   Oleh : Jati Sasongko Wibowo

A. Penerapan sistem Pakar Dalam Industri / Manufaktur Manufaktur
Didefinisikan sebagai urutan-urutan kegiatan yang saling berhubungan rneliputi perancangan, perencanaan, pemilihan material, produksi, pengontrolan kualitas, manajemen serta pemasaran produk. Proses manufaktur yang penyele-saiannya dapat dibantu oleh Sistem pakar antara lain :
1.    Sistem Pakar Dalam perancangan
PRIDE (Pinch Roll Interactive Design Expert / Environtnent). Sistem pakar ini digunakan untuk merancang sistem pengaturan kertas untuk mesin fotocopy. Sistem ini membuat rancangan dengan representasi pengetahuan tentang rancangan berdasarkan kumpulan goal, metoda perancangan, generator dan aturan-aturan yang terstruktur.
2.    Sistem Pakar Dalam perencanaan
llood Truss Fabrication Application merupakan contoh sistem pakar dalam proses perencanaan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan shell Sistern pakar SpS (^gerui Intelligent Process Selector).
3.    Sistem Pakar Dalam penjadwalan
Sistem pakar juga dapat digr-urakan dalam penjadwalan, dibawah ini adalah beberapa contoh kegunaan sistem pakar dalam penjadwalan :
 - contionuous caster steel Miil Scheduling Application
Sistem Pakar ini berbasis fuzzy logic yang dibuat untuk monitoring on line dan penjadwalan continuous caster steel mill. Continuous caster steel mill mengolah material seperli scrap, pig iron dan refined ore melalui proses tertentu untuk menghasilkan lempeng baja yang memiliki kualitas dan komposisi sesuai kebutuhan.
 - Master Production Scheduling Application (MpS)
Sistem Pakar ini dikembangkan untuk melakukan penjadwalan produksi master untuk manufaktur Integrated Circuit (IC). Master Procluction Schecluling (MpS) merupakan aktivitas perencanaan yang sangat luas, yang mengatur dan mengkoordinasikan fase-fase berurutan proses penjadwalan manufaktur tertentu.
4.    Sistem Pakar Dalam Proses Kontrol
Beberapa contoh penggunaan system pakar dalam proses kontrol adalah sebagai berikut :
- Aluminium Foil Rolling Flatness Control Application
Sistem pakar ini merupakan sitem pakar yang dibuat mengontrol kerataan aluminium foil secara otomatis. Sistem ini menyesuaikan bentuk pola target menurut karakteristik material dan kondisi pengoperasiannya.
- Blast Furnace Heat Control Application
Sistem Pakar ini dibuat untuk mengontrol tingkat panas blast furnace (tanur).
5.    Sistem Pakar Dalam Production Planning Dan Production Control
Perencanaan produksi dilakukan dalam hal kuantitas, waktu, kapasitas dan biaya pengendalian produksi meliputi penyelesaian pesanan, pengujian, perencanaan urutan produksi, penempatan personalia, pengisian kapasitas, pengawasan pesanan dan pengamanan kualitas. Manfaat Sistem Pakar dalam proses manufaktur / industri adalah sebagai berikut;
(1). Meningkatkan produktivitas.
(2). Mengambil alih keahlian yang langka.
(3). Memudahkan pengoperasian peralatan.
(4).Kemampuan bekerja dengan informasi yang tidak pasti dan tidak lengkap.

B. Penerapan Sistem Pakar dalam Bidang Pendidikan / Ilmu Pengetahuan

1.    Aplikasi Sistern Pakar dalam bidang matematika yang dilakukan oleh yibin dan Jian Xiang tahun 1992. Sistem Pakar ini menyelesaikan soal-soal Diferensial dan Integral yang diberi nama DIITS. (Forcheri, 1995).
2.    Studi Sistem Pakar untuk proses belajar Fisika dilakukan oleh seorang dosen Fisika yang menempuh pendidikan 52 pada salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Latar belakang dari dilakukannya studi ini adalah karena Fisika merupakan disiplin ilmu yang sangat fundamental yang menjadi dasar dari sains dan teknologi. Melihat kepentingan tersebut, maka para siswa/mahasiswa perlu menguasai ilmu ini, tapi kenyataannya sering dianggap "momok" oleh sebagian besar siswa/ mahasiswa. Selain itu juga kurangnya tenaga guru / dosen Fisika serta kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan dalam proses belajar mengajar Fisika, seperli alat bantu audio maupun visual. Bertitik tolak dari keadaan itu, maka dipilih salah satu altematif untuk mengatasi masalah ini, dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, khususnya sistem pakar yang memungkinkan untuk menganalisa soal-soal dengan menggunakan komputer. Dengan metoda ini, soal-soal Fisika dapat dijelaskan dan diselesaikan, sehingga pemahaman teori dapat lebih mendalam. Dalam studi ini dibuat aplikasi Sistem Pakar yang mampu menyelesaikan persoalan rangkaian arus bolak-balik yang terdiri dari komponen resistor, kapasitor dan induktor baik seri maupun paralel.

C. Penerapan Sistem Pakar dalam Bisnis
1.    Sistem Pakar dalam pembelian
Sistem ini berfungsi untuk menilai dan memilih pemasok (supplier) dengan pertolongan dan pengiriman barang secara optimal, dimana dalam hai ini menunjang pemasok yang potensial. Dalam hal operasional, maka sistem ini mempunyai fungsi penasihat kepada pembeli. Sistem ini meringankan beban pembeli dalam pekerjaannya sehari-hari, terutama dalam pengambilan keputusan untuk memilih pemasok.
2.    Sistem Pakar mengenai konsultasi proglam bantuan dari kredit bank
Sistem ini membantu pada konsultasi tentang program kredit bantuan pada institusi public.
3.    Sistem Pakar mengenai strategi perencanaan
Sistem ini berbasis sistem penunjang keputusan (Decision Support System) untuk strategi perencanaan produk yang dikembangkan dari integrasi sistem konvensional dan prototip Sistem Pakar.

KESIMPULAN

      Sistem Pakar merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah yang biasanya diselesaikan oleh seorang pakar. Mekanisme Inferensi dalam Sistem Pakar menerapkan pengetahuan untuk solusi problema yang sebenarnya. Ada dua macam cara pada mekanisme inferensi yaitu dengan menggunakan heuristic atau inferensi berbasis aturan. Pelacakan (searching) adalah suatu strategi untuk melakukan pencarian dalam ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan suskses paling besar. Sistem Pakar memudahkan user/pengguna dalam mengambil keputusan.


SUMBER :
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/24323/Chapter%20II.pdf?sequence=4


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JURNAL PENGGUNAAN ALGORITMA GREEDY PADA PERMAINAN CATUR

Sejarah Musik R&B

Sejarah Manga