Makalah MUVIZU


KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Tuhan Yang Esa yang telah melimpahkan Rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa mengerti tentang Design Grafis dan Software Aplikasi MUVIZU. Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas saya yang membahas tentang “Software Aplikasi MUVIZU”.

Kami juga menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan kesalahan, dikarenakan keterbatasan dan kekurangan pengetahuan dari penyusun, oleh karena hal tersebut kami mengharapkan kritik dan saran sehingga kami dapat meningkatkan kualitas dari makalah ini.



                                                                                      
    

 Depok, 18 April 2018
                                                                                                    



                           
                                                                             Penyusun





DAFTAR ISI





 

 



BAB 1

PENDAHULUAN


1.1            Latar Belakang

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Design grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan ”fine art”. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan rancangan, atau pun disiplin ilmu yang digunakan desain. Menurut ahli Hafied Cangara (2000) dalam Pengantar Ilmu Komunikasi mencatat bahwa komunikasi bisa berlaku sebagai seni. Jelas Cangara, komunikasi memiliki nilai estetika yang diterapkan dalam praktik-praktik komunikasi seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio, televisi, seni grafika (grafis-pen), retorika, akting, penulisan skenario, penulisan buku dan sebagainya.
Maka, jelaslah terdapat benang merah yang menghubungkan komunikasi dengan praktik desain grafis. Desain grafis digunakan sebagai alat komunikasi seperti diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur, catalog flyer, pamphlet Koran, dll. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Desain memberikan nilai tambah untuk hidupnya. Seperti apa nilai tambah itu? Sebuah bangku, asal sudah bisa diduduki selesailah masalahnya. Tetapi orang memberi makna pada “duduk”, hingga berkembanglah bentuk kursi sesuai dengan makna yang disandangnya. Demikianlah secara sederhana bagaimana desain berperan dalam kehidupan kita. Ruang tamu, kamar tidur, pakaian, walkman, surat undangan merupakan contoh terdekat bagaimana kita membangun makna melalui desain.

1.2            Batasan Masalah

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengenalan dan pemahaman Aplikasi Design Grafis MOVIZU.

1.3            Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari makalah ini adalah untuk memperkenalkan dan memahami  Aplikasi MOVIZU lebih mendalam.
Adapun manfaatnya antara lain :
a.       Dapat memberikan pengetahuan kepada orang lain tentang Aplikasi MOVIZU.
b.      Dapat membantu orang lain memahami tentang Design Grafis dan Pembuatan Animasi dengan Aplikasi MOVIZU.

1.4            Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang dilakukan oleh penulis dalam Penulisan Ilmiah ini dijelaskan dalam 4 bab yang membahas masalah secara singkat tanpa mengabaikan keterkaitan antara bab yang satu dengan bab selanjutnya. Adapun sistematika penulisan ini terdiri dari :
1.      Bab 1 Pendahuluan
Membahas tentang latar belakang, batasan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, dan sistematika penulisan.
2.      Bab 2 Pembahasan
Berisi gambaran dan penjelasan umum aplikasi MOVIZU.
3.      Bab 3 Kesimpulan dan Saran
Membahas mengenai kesimpulan yang dihasilkan dalam penulisan ini dan saran untuk menggunakan aplikasi MOVIZU.


 

BAB 2

Program

 

  2.1            Penjelasan Program

Muvizu merupakan software animasi 3D gratis  yang sangat mudah untuk digunakan. Biasanya, software ini digunakan oleh animator, pengajar, atau bahkan seorang pendongeng. Muvizu memang didesain tanpa memerlukan keahlian khusus. Yang menyenangkan, software membuat film animasi ini bisa digunakan oleh siapa pun, bahkan dengan keahlian animasi yang belum mumpuni.
Software ini memiliki fitur karakter sehingga user yang tak bisa menggambar, bisa langsung memilih karakter seperti apa yang diinginkan  di dalam film animasi yang akan di buat. Tak memiliki ribuan karakter, Muvizu memiliki kostum, alat peraga dan layar. Jadi, kamu bisa membuat cerita yang diinginkan dengan beberapa setting di dalamnya. Bahkan di software ini memiliki otomatis lip sync untuk setiap bahasa dengan render yang sangat cepat.
Melihat banyaknya fitur di atas, tampaknya software ini menjadi salah satu alternatif belajar jika user ingin menekuni animasi. Ada beberapa standar minimun yang harus dipenuhi dalam perangkat kamu untuk menghasilkan film yang sempurna, di antaranya.
·         OS Windows XP atau yang lebih baru seperti Win 7 atau 8.
·         Prosesor 2,4 GHz
·         Graphics card dengan “Shader Model 3”
·         2,3 GB ruang hard disks yang masih kosong untuk penyimpanan file
·         Kelengkapan komponen Windows seperti DirectX 9, .NET framework versi 4 atau lebih tinggi, dan C++ Redistributable 2010 SP1.




BAB 3

PENUTUP


3.1            Kesimpulan

Teknologi yang berkembang pesat dalam pengaplikasian design grafis memunculkan banyak aplikasi/software yang di tawarkan untuk memudahkan para user dalam  mendesign sesuatu. Seperti adanya aplikasi MUVIZU dimana kita dimudahkan dalam membuat animasi dimana kita yang tidak dapat menggambar pun dapat membuat animasi tersebut.

3.2            Saran

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk MUVIZU. Jika ingin mencari apllikasi pembuatan animasi seperti MUVIZU carilah yang sesuai dengan kemampuan anda dan lihat ketentuan yang di perlukan dalam menginstal software aplikasi tersebut.




DAFTAR PUSTAKA


https://www.academia.edu/9833830/MAKALAH_APLIKASI_KOMPUTER?auto=download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JURNAL PENGGUNAAN ALGORITMA GREEDY PADA PERMAINAN CATUR

Sejarah Musik R&B

Sejarah Manga